OLAHDATA STATISTIK

| Jumat, Oktober 09, 2009


http://www.konsultasi-statistik.com


Berdasarkan pengalaman dan pengamatan dikampus sejak awal tahun 2000 mengajar matakuliah metodologi penelitian, mendampingi mahasiswa praktikum komputer statistik (SPSS) di Laboratorium, membimbing, memeriksa dan menguji skripsi dalam sidang pendadaran, memberikan jasa konsultasi kepada mahasiswa S1 maupun S2, serta pengalaman dalam melakukan penelitian dilapangan, penulis melihat fenomena bahwa sebagian besar penguasaan metodologi penelitian maupun kemampuan praktis dalam mengoperasikan software statistik sebagai alat bantu riset dikalangan mahasiswa masih sangat lemah.

Untuk dapat memahami konsep metodologi penelitian dan dapat mengaplikasikannya dalam meneliti suatu permasalahan tertentu, memang memerlukan latihan yang komprehensif dan pembelajaran yang cukup lama, sehingga tidak cukup jika hanya diberikan dalam satu semester perkuliahan saja.




Dalam webblog idea yang lain http://www.olahdata-statistik.com kami mencoba mereview kembali beberapa konsep dasar metodologi penelitian secara runtut sebagai persiapan untuk masuk kedalam materi pengolahan data statistik dengan bantuan software program SPSS, AMOS dan LISREL.



Pemahaman metodologi penelitian yang baik tanpa didukung oleh penguasaan software statistik sebagai alat bantu, ibarat berburu macan tanpa membawa senapan. Saat ini dipasaran sudah beredar sedemikian banyak software program yang dapat digunakan sebagai alat bantu untuk mengolah data dan menyajikannya menjadi sebuah penelitian yang tepat dan akurat. 3 (tiga) software program yang sekilas akan dibahas dalam webblog ini adalah SPSS, AMOS dan LISREL. Software program SPSS, AMOS dan LISREL adalah sebuah program pengolah data statistik yang diciptakan untuk mempermudah proses pengolahan data untuk keperluan penelitian kuantitatif.


Sayangnya karena banyak kalangan mahasiswa yang belum atau enggan belajar program2 tersebut membuat mereka takut berurusan dengan statistik dan akhirnya memilih menyerahkan pekerjaan olah data statistik kepada pihak ketiga.

Tentunya ini merupakan berkah tersendiri bagi para konsultan yang rela menyediakan sebagian waktu dan tenaganya untuk membantu para mahasiswa yang bermasalah dengan olah data statistik tersebut. Besarnya tarif ‘fee jasa’ untuk konsultasi pengolahan data diatas tergantung dari banyaknya variabel penelitian, tingkat kesulitan analisis dan interpretasi serta software program yang digunakan.

TARIF FEE JASA OLAHDATA STATISTIK
DENGAN SOFTWARE PROGRAM SPSS

Kami melayani Jasa Pengolahan Data Statistik dengan program SPSS antara lain meliputi :

1. Rekapitulasi INPUT data dari Ms. Excel ke SPSS
2. Pengujian Instrument Penelitian :
a. Uji Validitas – Bivariate Pearson Correlation
b. Uji Reliabilitas – Cronbach Alpha 

3. Pengujian Penyimpangan Asumsi Klasik :
a. Uji Multikolinearitas – Collinearity Diagnostic with Tolerance & VIF
b. Uji Heterokedastisitas – Scatter Plot – SRESID & ZPRED
c. Uji Autokorelasi – Durbin Watson

4. Pengujian Asumsi Dasar :
a. Uji Normalitas – One Sample Kolmogorov-Smirnov, P-Plots
b. Uji Homogenitas – One Way Anova – Test of Homogenity Variance
c. Uji Linieritas – Anova Table Linearity

5. Pengujian Statistik Deskriptif:
a. Mean, Median, Maximum, Minimum, Standard Deviasi, OMS.
b. Analisis Rasio (sesuai kebutuhan peneliti)
c. Distribusi frekuensi Profil Responden (untuk data kuesioner).

6. Pengujian Hipotesis :
a. Compare Mean (One Sample t test, Paired Sample t test, ANOVA)
b. Analisis Korelasi, Menjelaskan Hubungan antar Variabel. Meliputi : Uji Partial & Uji Bivariate Correlation Product Moment
c. Analisis Regresi, Simple regression (Uji t Parsial), Multiple Regression (Uji F Simultan), Uji R (Koefisien Korelasi), Uji R Square (Koefisien of Determinasi)
d. Analisis Regresi dengan Variable Moderating dan Variable Intervening.
e. Analisis Regresi Logistik (Logistic Regression Model)

Biaya fee olah data tergantung dari jumlah sampel data, variabel penelitian dan software yang digunakan (berkisar antara Rp.1.000.000,- sampai dengan Rp.3.000.000,- biaya tersebut TERGANTUNG DARI : Jumlah Variabel Penelitian, Jumlah n Data Sampel Penelitian, Kesiapan Rekapitulasi data Mentah, Metodologi/Alat Uji yang diminta). Biaya sudah termasuk interpretasi hasil olahdata sesuai dengan hipotesis penelitian anda. Jika ditambah dengan Materi Metodologi Penelitian (Bab 3) dan Kuesioner maka anda tinggal menambahkan fee Rp. 1.000.000,- s/d 2.000.000,- saja.


TARIF FEE JASA OLAHDATA STATISTIK
STRUCTURE EQUATION MODEL (SEM)
MENGGUNAKAN SOFTWARE  PROGRAM EVIEWS, AMOS dan LISREL

Kami melayani Jasa Pengolahan Data Statistik Khususnya untuk Analisis “Structure Equation Model” dengan program AMOS dan LISREL antara lain meliputi :

1. Rekapitulasi INPUT data dari Ms. Excel ke AMOS / LISREL
2. Pengujian Instrument Penelitian: Uji Validitas & Uji Reliabilitas
3. Analisis Faktor Eksploratori & Konfirmatori
4. Analisis Jalur (Path Analysis)
5. Structure Equation Modeling
6. Penilaian Model Fit
7. Modifikasi Model

Estimasi Biaya untuk olahdata statistic dengan software EVIEWS, AMOS atau LISREL berkisar antara Rp.3.000.000,- s/d Rp. 5.000.000,- (tergantung jumlah sample data dan variable penelitian).

Biaya tersebut sudah termasuk interpretasi hasil olahdata sesuai dengan hipotesis penelitian anda. Jika ditambah dengan Materi Metodologi Penelitian (Bab 3) dan Kuesioner maka anda tinggal menambahkan fee Rp. 1.000.000,- saja.

Apabila anda berminat dan tertarik dengan layanan jasa 'olahdata statistik' dari kami, dan memerlukan informasi lebih lanjut, Silahkan hubungi melalui sms/call hotline services kami :

Call Center
Call/SMS/WA  081 383 584 584
Privat Call        081 282 730 730
BBM PIN           D2958A9B


Kirimkan email permasalahan dan data anda ke :

Kunjungi juga weblog kami yang khusus membahas tentang olah data statistik di http://www.konsultasi-statistik.com.




1 komentar:

{ HENDRI } at: 23 Desember, 2010 14:12 mengatakan...Reply

hi bro...
thanks for your share..
if you want
get my collection reference at
UNAND's REPOSITORY

Next Prev
▲Top▲