TOPIK RISET & SUMBER REFERENSI

| Jumat, Oktober 09, 2009
TOPIK RESEARCH 
Sebagian mahasiswa seringkali mengalami kebingungan ketika harus menentukan topik penelitian MSDM dan PO untuk proposal Skripsi dan Tesisnya, sehingga tidak heran jika banyak mahasiswa yang akhirnya hanya berlarut-larut bingung mesti memilih topik/judul yang mana.


Untuk dapat memperoleh inspirasi tentang topik atau tema riset Skripsi-Tesis terkait dengan konsentrasi Manajemen Sumber daya manusia (MSDM), Maka sebaiknya mahasiswa mereview dan mengeksplorasi kembali beberapa konsep teori MSDM yang dapat diangkat menjadi topik riset yang sesuai dengan kondisi riil kenyataan sehari-hari yang sering terjadi dilingkungan organisasi perusahaan.


Membahas konsep dan teori MSDM tentunya kita tidak bisa lepas dari lingkung kajian Perilaku Organisasi (PO) karena pada prinsipnya Perilaku Organisasi merupakan telaah penerapan pengetahuan tentang bagaimana orang-orang (SDM) bertindak dan berperilaku didalam suatu organisasi perusahaan.


Unsur utama dalam perilaku organisas sebagaimana juga dalam MSDM adalah orang (man) dan lingkungan tempat organisasi tersebut beroperasi. Beberapa konsep teori mendasar yang perlu direview dalam kaitannya dengan MSDM antara lain pembahasan yang terkait dengan masalah : 1. Rekruitmen, Seleksi dan Orientasi
2. Program Pelatihan, pendidikan dan Pengembangan Ketrampilan Karyawan
3. Sistem Penggajian, Insentive dan Kompensasi
4. Penilaian Evaluasi Kerja, Pengembangan Karier dan Promosi Jabatan
5. Program Kesejahteraan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)


Sedangkan konsep teori yang merupakan gabungan dari konsep MSDM dan Perilaku Organisasi yang perlu dikaji lebih mendalam antara lain :
6. Gaya Kepemimpinan
7. Kompetensi
8. Motivasi
9. Budaya & Iklim Organisasi
10. Disiplin Kerja
11. Komunikasi
12. Stress & Konflik kerja


Dari Ke-12 (dua belas) konsep teori diatas dalam riset Skripsi-Tesis biasanya dijadikan sebagai variabel independen (X), sedangkan variabel dependen (Y) nya biasanya diukur dengan :
a. Produktifitas
b. Prestasi kerja
c. Kepuasan kerja
d. Semangat kerja


Sehingga apabila digabungkan antara beberapa konsep dan teori MSDM + PO diatas ada beberapa judul penelitian kuantitatif yang mungkin biasa dijadikan sebagai Topik Skripsi-tesis seperti contoh dibawah ini :
  • Pengaruh Sistem Seleksi, Pelatihan dan Pengembangan Karyawan terhadap Prestasi Kerja Sales and Marketing Pada PT. Toyota Astra Motor di Jakarta.
  • Pengaruh Sistem Penggajian, Kompensasi dan Insentif terhadap Kepuasan Kerja Karyawan bagian Operasional Pada PT. ABC di Bekasi.
  • Pengaruh Penilaian Prestasi kerja, pengembangan karier dan promosi jabatan terhadap Produktifitas kerja Karyawan PT.123 Bekasi.
  • Pengaruh Motivasi, Komunikasi dan Gaya Kepemimpinan terhadap Semangat Kerja karyawan Pada PT.XYZ di Jakarta.
  • Pengaruh Kompetensi dan Kompensasi terhadap Kinerja Pegawai Kantor Pelayanan pajak di Kotamadya Tangerang.
  • Pengaruh Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Semangat kerja Karyawan PT.Pertamina Persero di Jakarta.
Demikian sebagian topik/judul Skripsi-Tesis konsentrasi MSDM/PO yang mungkin dapat dijadikan referensi untuk penyusunan Skripsi-tesis Anda. Semoga bermanfaat.








TOPIK RESEARCH KEUANGAN - PASAR MODAL





Seiring dengan semakin berkembanganya Pasar Modal di Indonesia, semakin menarik minat para mahasiswa terutama yang mengambil konsentrasi (Manajemen keuangan / Akuntansi keuangan) untuk melakukan penelitian terkait dengan kondisi yang terjadi di Bursa Efek Indonesia.


Salah satu penyebab meningkatnya minat mahasiswa melakukan riset pasar modal adalah kemudahan dalam hal akses data (sekunder) berupa laporan keuangan emiten (ICMD) data statistic bursa (IDX Monthly Statistic) yang secara mudah dan free dapat di download via internet, Sehingga mahasiswa tidak perlu lagi harus repot2 datang ke perusahaan yang akan diteliti untuk mengemis dan merayu minta data2 dan laporan keuangan perusahaan.


Selain itu juga sudah banyak dipublikasikan aneka artikel, jurnal terkait dengan analisis pasar modal yang dapat dijadikan sumber referensi dan acuan bagi para mahasiswa untuk menyusun Skripsi dan Tesisnya.


Memenuhi permintaan beberapa mahasiswa, berikut ini kami postingkan alternatif Topik penelitian terkait dengan riset keuangan pasar modal, sebagai berikut : 1.Risk (risiko) dan Return (imbal hasil) dari investasi saham di Bursa Efek Indonesia.


Contoh judul :
  • Analisis Risiko dan Tingkat Imbal hasil Pada saham Industri Telekomunikasi (Studi Kasus Pada Saham telekomunikasi di BEI Periode 2004-2008).
  • Risiko Sistematik (Beta) dan Model CAPM Contoh Judul : Analisis Risiko Sistematis (Beta) dan Return Saham, Pada saham Industri manufacture dengan menggunakan Metode CAPM di Bursa Efek Indonesia (2004-2008).
  • Portofolio optimal dengan Single Indeks Models. Contoh judul : Analisis pembentukan Portofoli saham yang Optimal Pada Saham2 LQ-45 Di BEI dengan menggunakan Metode Single Indexs Model. (Studi Empiris BEI 2004-2008).
  • Analisis Fundamental (Rasio keuangan) Contoh judul : * Analisis Kinerja Keuangan pada Perusahaan Property di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan metoda Economic value Added (EVA) periode Tahun 2004-2008.
  • Analsis Fundamental pada saham-saham Industri telekomunikasi dengan menggunakan rasio PER, PBV, DER, ROA dan ROE, Serta Pengaruhnya terhadap Return saham.
  • Event Study (Studi Peristiwa = Finance / Non Finance) Silahkan lihat uraiannya pada CATATAN lain yang ada pada Facebook : bimbingan skripsi.
  • Studi Peristiwa terkait Finance misalnya : Kebijakan Deviden, Stock Spit, Right Issue, Merger dan Akuisisi, Buy Back, dll. Studi Peristiwa Non Ekonomi, missal terkait dengan peristiwa Politik dalam negeri seperti Kerusuhan mei 1998, berbagai Peristiwa pengeboman, Pergantian Presiden dll dikaitkan dengan fluktuasi harga, return dan volume transaksi perdagangan di Bursa. 6.Gejala Anomali / penyimpangan terhadap Kondisi Efficient Market Hypotesis, misalnya berkaitan dengan gejala : Day Of The Week Effect, January Effect, Holiday Effect, Gejala Underpricing IPO dan lain-lain.
Contoh Judul :
  • Analisis Gejala Day Of The Week Effect Yang terjadi di BEI selama Tahun 2008.
  • Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Gejala Underpricing IPO di BEI.
Sedangkan topik penelitain Manajemen keuangan / Akuntansi keuangan Jadul yang sudah mulai ditinggalkan para mahasiswa antara lain misalnya yang terkait dengan :
  • Evaluasi kebijakan Struktur Modal yang Optimal
  • Analisis Sumber dan Penggunaan dana
  • Analisis Break Event Serbagai Perencanaan laba
  • Analisis Rasio Keuangan e.Studi kelayakan Investasi penggantian/penambahan aktiva tetap, dll.
Demikian sekilas REVIEW tentang beberapa topik judul peneltian yang mungkin dapat diangkat kembali menjadi judul riset Skripsi-Tesis Anda. Semoga Bermanfaat,-
NB. Buku2 referensi :
  • Jogiyanto, Teori Portofolio & Analysis Investasi
  • Suad Husnan, Dasar2 Teori Portofolio
  • Tandelilin, Manajemen Portofolio dan Analisis Investasi
  • Eugene Brigham, Fundamental of Financial Management
  • Bodie, Kane, Marcus : Investment Sharpe, Gordon, bailey : Investment.
SUMBER REFERENSI

Sebagai bahan referensi dalam penyusunan Skripsi, Tesis dan Disertasi, kami mengacu pada berbagai artikel ilmiah yang dipublish pada jurnal terbitan nasional maupun internasional. Kami mempunyai jurnal–jurnal yang bisa dijadikan sebagai bahan untuk penyusunan skripsi, tesis.


Kumpulan Artikel jurnal ini akan memandu mahasiswa untuk mendapatkan ide untuk judul skripsi, tesisnya sendiri. Dalam hal ini judul skripsi, tesis dapat merupakan replikasi dari jurnal, atau merupakan pengembangan dari jurnal.


Bagi sebagian besar mahasiswa, kendala terbesar biasanya adalah tidak bisa merangkai semua bahan yang telah dimiliki hingga menjadi sebuah karya tulis skripsi, tesis yang diinginkan. Untuk itu kami bersedia membantu dalam penyusunan skripsi, tesis tersebut sehingga mahasiswa bisa mendapat skripsi, tesis yang berbobot. Bagi mahasiswa yang membutuhkan bantuan kita kerahasiaannya dijamin.


Saat ini kami memiliki koleksi ‘soft copy’ Kumpulan makalah dalam Simposium Nasional Akuntansi, dan koleksi ratusan Artikel dalam beberapa jurnal akuntansi internasional seperti :

Journal of Accounting and Economic
Journal of Accounting, Auditing & Accountability
Journal of Accounting, Auditing and Taxation
Journal of Critical Perspective on Accounting
Journal of International Economic and Finance
Journal of International Accounting
Journal of Australian Hospitality Management
Journal of European Business Review
Journal of Banking and Finance
Journal of Public Sector Management
Journal of Economic and Business, dll.



Untuk melihat secara detail ratusan judul makalah, artikel dan jurnal koleksi sumber referensi kami, silahkan anda berkunjung ke
http://artikel-jurnal.blogspot.com.

Sedangkan untuk bahan referensi pelengkap kami juga memiliki koleksi ratusan judul skripsi dan tesis dari berbagai disiplin ilmu dan program studi, terutama prodi Ekonomi IESP, Akuntansi dan Manajemen.

Tersedia koleksi dalam bentuk ‘hardcopy’ jilid maupun softcopy dalam format Ms.Word.doc dan pdf, semuanya full content berisi lengkap mulai dari cover, daftar isi, bab 1 s/d bab 5 berikut lampirannya.

Koleksi ini hanya sebagai bahan referensi dan pembanding tidak untuk ‘dijiplak’ atau dicopy paste karena kami anti ‘plagiatisme’, Pekerjaan konsultasi penyusunan skripsi dan tesis kami adalah original hasil penelitian murni.Untuk melihat secara detail koleksi bank data ‘skripsi dan tesis’ yang kami sediakan untuk keperluan riset dan konsultasi penyusunan skripsi tesis di i-DEA, silahkan anda berkunjung ke
http://gudangskripsitesis.blogspot.com.

 

Kami i-DEA Research & Consulting memiliki bank data BEJ/BEI yang lumayan cukup lengkap seperti JSX/IDX Monthly Statistic (1998-2009), Indonesian Capital Market Directory (ICMD 2004-2008), Rekapitulasi data rasio keuangan, PER, PBV, DER, ROA, ROE, NPM, Data Indeks IHSG, LQ45, BETA, Close Price, Siap olah dalam format Ms.Excel. Selain itu juga tersedia data indikator ekonomi macro dari BI, BPS seperti Kurs Exchange Rate, Interest Rate SBI, Product Domestic Bruto, Inflation Rate, dsb. Untuk melihat secara detail koleksi data yang kami sediakan untuk keperluan riset pasar modal, silahkan anda berkunjung ke:
http://riset-pasarmodal.blogspot.com.

0 komentar:

Next
▲Top▲